Hidup Sebatang Kara, 4 Tahun tak bekerja, Rezekinya Terjamin

Ketika kemarin (14 Desember 2014)  saya dan teman2 Oemah Sedekah menyampaikn amanah dari para donatur untuk membagikan 100 Paket Sembako di Kampung Jambetsari, Kaliwungu Kendal, Jawa Tengah . . .

Disini ada kisah menarik
Dari 100 KK yang kemarin kami bagi . ada seorang kakek yang hidup sebatang kara , tanpa anak , tanpa istri , tanpa keluarga dan selama 4 tahun ini beliau tidak bekerja , lantas saya bertanya sama si mbah ini . .

mbah hla jenengan selama 4 tahun apa saja kegiatannya . .
mbah nya hanya menjawab . . .
Sholat . .
Sholat . .
Sholat . .

Saya bertanya , “Lha mbah dahar e jenengan kalih kebutuhan e jenengan pripun ?” (Lha makan dan biaya kebutuhan hidup mbah dari mana?)


Saya di tegur:
“Leeee.. . hla kuwe kii piye . opo rak yakin karo Gusti Pangeranmu , wong seng ngai rejeki Gusti ALLAH orak menung so . kae hlo delok o semut rejekine wes di jamin karo gusti allah opo meneh menungso . .”

(terjemahan: Nak, gimana sih kamu kok gak yakin gitu sama Tuhanmu, ALLAH? Yang memberikan rezeki itu ALLAH SWT, bukan manusia. Itu lihat semut-semut itu, rezekinya sudah dijamin, apalagi dirimu manusia…)

“Saya tanya lagi , hlaaa mbah menungso niku kan wajib berusaha . .” (Lha, tapi kan manusia wajib berusaha, Mbah?)

Dengan Tegasnya mbah itu menjawab
“Usahaku Sholat . . Ngaji . . Karo Dongo (doa) . .”

Detik itu juga saya meneteskan air mata . .
Dan pesan mbah itu waktu saya mau pulang , “Jogono sholat limang wektumu nak iso tepat waktu . Opo wae kowe dungo jaluk karo gusti allah mesti di kai” (Jagalah shalat 5 waktumu nak, tepat waktu jika bisa. Apapun yang kamu minta dari ALLAH, pasti dikabulkan)


“Subhanallah”, jawabku dalam hati……..

tawakkal, rezeki dijamin ALLAH
Simbah yang tawakkal

 

saya pernah ketemu Ustadz YUSUF MANSYUR dan dikasih nasehat
Hanya Kekuatan Doa Yang Bisa Merubah Takdir !
( Terutama Doa Ibumu )

Mohon Doanya untuk Si mbah
Di beri Kekuatan dan bisa terus Istiqomah BerIbadah Kepada Allah . Amiiiin

 

catatan tambahan redaksi:

4 tingkatan rejeki dari ALLAH:

1. Rejeki yang ditanggung oleh ALLAH SWT

Tidak satu binatangpun (terhitung manusia) yang bergerak diatas bumi ini yg tidak ditanggung oleh Allah rejekinya. (QS 11 : 6)

Beberapa orang yang tinggal di kota-kota, meskipun ia tak mempunyai pengetahuan atau malas bekerja, ada saja orang yang menolong mereka untuk berikan makan. Semoga tak ada di antara kita seperti itu. Tidak usah takut bila kita tak lagi makan. Seluruhnya rejeki ditanggung Allah swt. Pertanyaannya, apakah hidup kita ini cuma untuk makan?


2. Rejeki Untuk Yang Berupaya.


Tidaklah manusia memperoleh apa-apa, terkecuali apa yang sudah ditanganinya (QS 53 : 39)
Bila kerja lebih lama, lebih rajin, lebih berilmu, lebih sungguh sungguh, ia bakal memperoleh semakin banyak. Bila seorang mau memperoleh rejeki semakin banyak, ia sebaiknya belajar semakin banyak serta sungguh sungguh bekerja. Itu yaitu kunci nya…

3. Rejeki Untuk Yang Bersukur.

Siapa yang pintar mensyukuri pemberian-Ku, Saya bakal imbuhkan nikmat-nikmat ( rejeki) pada mu, namun bila tak pintar bersukur Saya bakal beri azab yang pedih. (QS 14 : 7)

Rejeki yang ditambah oleh Allah swt. Inilah rejeki yang disayangi oleh Allah SWT. Bila kita
pandai-pandai mensyukuri pemberian Tuhan serta manusia, Allah bakal imbuhkan. Beberapa orang yang pintar bersukur ini bisa rasakan kasih sayang Allah SWT pada nya, lantaran rejeki ditambahkan oleh ALLAH.

4. Rejeki Untuk Yang Bertakwa.

Orang-orang yang beriman serta bertaqwa pada Allah, Allah bakal berikanlah rejeki dari sumber yg tidak disangka sangka. (Qs. 65 : 3)

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *